Tempat Wisata di Palembang

Tempat Wisata di Palembang

Tempat Wisata di Palembang, Hits dan Instagramable Banget!

Tempat Wisata di Palembang – Palembang adalah salah satu tempat wisata terlaris di Pulau Sumatera. Selain banyak wisata alam yang bisa kamu kunjungi, di Palembang juga banyak tempat wisata religi dan tempat wisata bersejarah. Jadi salah satu kota tertua di Indonesia, Palembang merupakan wilayah peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang menyimpan sejuta warisan budaya.

Gak cuma terkenal dengan makanan khasnya, Palembang juga memiliki potensi yang sangat menarik. Terbukti pada 2018, Palembang berhasil terpilih menjadi tuan rumah Asian Games 2018 bersama Jakarta. Nah, kalau kamu berencana Daftar Poker IDNPlay Asia liburan ke Palembang, IDN Times akan kasih kamu rekomendasi 10 destinasi atau tempat wisata di Palembang yang menarik ini dan wajib masuk wishlist kamu!

Masjid Cheng Ho Palembang

Ada sebuah masjid unik yang memiliki bangunan dengan unsur Cina, Arab, dan Palembang. Konon katanya, Laksamana Cheng Ho asal China sempat berkunjung ke Palembang dan menyebarkan Islam.

Tempatnya Instagramable, masjid Cheng Ho Palembang memiliki bangunan yang didominasi warna merah. Keren ya?

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Bangunannya unik, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II berbentuk Rumah Limas khas Palembang. Museum ini cukup dekat dengan Monumen Perjuangan Rakyat, tinggal jalan kaki saja.

Kamu bisa mengajak keluarga besar ke museum ini, karena akan ada banyak peninggalan sejarah dan budaya. Ada koleksi tekstil senjata, pakaian tradisional, kerajinan, dan koin Sumatera Selatan.

Gak cuma itu, ada pula artefak peninggalan dari zaman Sriwijaya, seperti patung Ganesha dan Buddha. Kamu cuma perlu membayar tiket seharga Rp5.000 untuk dewasa dan Rp1.000 untuk anak-anak saat ke sini. Bukanya pukul 08.00-16.00 setiap harinya.

Alquran Al Akbar

Ada juga wisata religi yang menarik di Palembang, salah satunya tempat Alquran raksasa. Letaknya di Pondok Pesantren Al Ihsaniyah Gandus, Alquran ini terbuka untuk umum.

Totalnya 30 juz ayat suci Alquran yang diukir di atas kayu. Ukurannya sekitar 1,7 x 1,4 meter dan disusun hingga lima lantai. Kalau ke sini, pengunjung harus memakai pakaian yang menutup aurat dan melepas alas kaki.

Punti Kayu

Kalau ingin wisata yang dekat-dekat saja, ada Taman Wisata Punti Kayu yang berada di jantung Kota Palembang. Penuh dengan pepohonan rimbun, suasana hutan kota ini bisa membuat hati dan pikiran lebih segar. Luas hutannya sekitar 50 hektare.

Kamu bisa mengunjungi kebun binatang, penangkaran buaya, kolam renang, area piknik, taman, naik perahu, atraksi gajah, dan area berkuda di sini. Paket lengkap, kan?

Tugu Belido

Kalau Singapura punya Merlion, Palembang punya Tugu Ikan Belido. Lokasinya berada di tepi Sungai Musi, tugu ini menghadap ke Jembatan  Ampera.

Tugu ini belum lama dibangun, tapi sudah jadi ikon baru Palembang. Ikan Belido merupakan ikan endemik di Sungai Musi dan menjadi bahan utama pembuatan pempek. Sayangnya, sekarang sudah mulai punah dan beralih menggunakan ikan tenggiri.

Dan itulah beberapa referensi tempat wisata di Palembang yang wajib untuk kamu kunjungi jika kamu berencana liburan ke Kota ini. Jadi mau ke mana dulu kita?

Comments are closed.