Kasus Positif Covid-19 di Majalengka Kembali Melonjak

Kasus Positif Covid-19 di Majalengka Kembali Melonjak

Kasus Positif Covid-19 di Majalengka Kembali Melonjak

4e16c6de ee13 45b2 aaf0 f93dcbd7f4b7 169 - Kasus Positif Covid-19 di Majalengka Kembali Melonjak

Kasus Positif Covid-19 di Majalengka Kembali Melonjak – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Majalengka bertambah dua orang, Jumat. Jubir Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Majalengka, Alimudin, menyebutkan, penambahan dua kasus baru itu merupakan warga asal Kecamatan Leuwimunding dan Kecamatan Ligung.

Untuk kasus dari Kecamatan Ligung, adalah seorang tenaga medis yang bekerja di Rumah Sakit Sumber Waras Kabupaten Cirebon. Pasien diduga terpapar saat melayani pasien di rumah sakit setempat.

‘’Tenaga medis itu awalnya mengalami gejala sakit menyerupai Covid-19. Akhirnya dia memeriksaan kesehatannya dan hasilnya ternyata positif Korona,’’ ujar Ali, Jumat.

Menurutnya, yang bersangkutan hanya mengalami gejala penyakit yang ringan. Saat ini yang bersangkutan telah melakukan isolasi mandiri untuk menghindari penyebaran virus yang lebih luas.

’Untuk keluarga maupun orang yang pernah kontak denganya belum sempat di-swab karena hari ini bertepatan dengan lebaran Idul Adha,’’ terang Ali.

Sedangkan pasien kedua yang berasal dari Kecamatan Leuwimunding, diduga terkontaminasi virus saat berada di Jakarta. Pasien merasakan gejala panas dan batuk dengan suhu badan 37 derajat celcius.

‘’Yang bersangkutan kemudian pulang ke Majalengka dan memeriksakan kesehatannya. Hasilnya,  ternyata positif Covid-19,’’ tutur Ali.

Ali mengatakan, pasien pernah berobat ke RS Sumber Waras Cirebon. Setelah itu pasien dirujuk ke RSUD Majalengka.

Tim Gugus Tugas telah melakukan tracing kepada keluarga yang pernah kontak dengan yang bersangkutan.

Sebelumnya, Gugus Tugas covid-19 Kabupaten Majalengka juga mengumumkan penambahan empat asus baru positif Covid-19 pada Rabu. Dari empat kasus itu, dua di antaranya merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Majalengka.

Sementara itu, dengan penambahan kasus-kasus baru tersebut, maka jumlah total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Majalengka hhingga Jumat (31/7) mencapai 25 orang. Dari jumlah itu, 17 orang dalam perawatan, tujuh orang sembuh dan satu orang meninggal dunia.

Majalengka Kembali Tutup Objek Wisata

Pemkab Majalenka memutuskan untuk menutup kembali objek wisatanya selama 14 hari kedepan. Hal itu menyusul melonjaknya kasus Covid-19 dalam dua pekan terakhir di daerah tersebut.

Penutupan itu tertuang dalam Surat Edaran Bupati Majalengka Nomor 556/1154-Disparbud tentang Penutupan Sementara Objek Daya Tarik Wisata di Kabupaten Majalengka. Surat itu ditandatangani Bupati Majalengka, Karna Sobahi, pada 4 Agustus 2020.

Dalam surat tersebut disebutkan, penutupan sementara objek daya tarik wisata dikarenakan terjadinya peningkatan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Majalengka yang cukup signifikan selama 12 hari terakhir.

Selain menutup kembali destinasi wisata selama 14 hari, Karna juga mengeluarkan sejumlah kebijakan lainnya untuk melindungi warganya dari virus Korona.

Kebijakan protokol itu berupa penggunaan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak di tempat kerumuman, baik di fasilitas  umum, kantor, pasar maupun tempat peribadatan. “Semua itu harus dilakukan warga karena menjadi benteng utama dalam memutus penyebaran Covid-19,” tegas Karna.

Kebijakan lainnya yakni akan memperketat izin keramaian bagi masyarakat. Pasalnya, titik perkumpulan orang sangat rentan menimbulkan penyebaran virus.

 

Comments are closed.