Cara Praktis Mengurangi Sifat Pemarah, Gak Lagi Buang Energi

Cara Praktis Mengurangi Sifat Pemarah, Gak Lagi Buang Energi

Cara Praktis Mengurangi Sifat Pemarah, Gak Lagi Buang Energi

Sudah merasa gak nyaman dengan sifat buruk diri sendiri yang gampang marah? Bagus! Sebab jika kamu sendiri sudah merasa gak nyaman, akan lebih mudah untukmu memulai perubahan.

Sebaliknya kalau kamu malah bangga dengan sifat pemarahmu, perubahan akan sulit terjadi. Mungkin sekarang kamu sudah merasakan sendiri berbagai akibat buruk dari sifat itu. Seperti rusaknya hubungan baikmu dengan siapa pun.

Lalu apa yang kira-kira bisa di lakukan untuk mengubah sifatmu menjadi lebih sabar? Di lansir dari midi-property.info, berikut ini beberapa caranya.

1. Cepat-cepat becermin begitu merasa marah

Ini mirip dengan saat kamu menangis. Di kutip dari IDN Poker APK, kalau kamu becermin, pasti tangismu akan lebih mudah berhenti. Dengan melihat bayanganmu di cermin, kamu seolah-olah kembali di sadarkan selepas tadi terlalu terbawa perasaan.

Lagi pula saat marah, raut wajah memang jadi gak enak banget buat di lihat, kan? Kamu gak akan menyadarinya kalau gak becermin. Dengan becermin, kamu jadi merasa aneh dengan raut wajah sendiri.

Coba tarik napas dalam-dalam, embuskan, lalu tersenyum. Nah, kalau begini kan, wajahmu tampak jauh lebih menarik!

2. Ingatkan diri sendiri dengan, “Malu kalau …”

Lanjutannya bisa macam-macam. Seperti, “Malu kalau di lihat gebetan/rekan bisnisku,” atau, “Malu kalau sampai ada yang merekam, di unggah ke medsos, lalu viral.”

Pokoknya, apa pun yang terasa gak banget buatmu. Memang gak gampang sih, berpikir sedikit saja lebih panjang saat kamu di kuasai emosi. Akan tetapi mengingatkan diri seperti ini penting biar kamu gak menyesal di kemudian hari, kan?

Dan manusia itu paling mudah di usik dengan rasa malu. Jadi, ingat-ingat apa saja yang bisa membuatmu sangat malu dan hubungkan dengan dorongan kemarahanmu. Semoga kamu gak jadi meluapkannya di depan orang banyak.

3. Berikan reward dan punishment untuk diri sendiri

Strategi hadiah dan hukuman juga bisa kamu terapkan nih. Sama seperti proses belajar lainnya, strategi ini juga cukup efektif untuk membentuk sifat lebih sabar. Lemahkan sifat pemarah dengan menghukum diri sendiri bila sampai gagal mengendalikannya.

Comments are closed.