Sosok Anton Medan di Mata Anak yang Tegas Ajarkan Ilmu Agama

Sosok Anton Medan di Mata Anak yang Tegas Ajarkan Ilmu Agama

Sosok Anton Medan di Mata Anak yang Tegas Ajarkan Ilmu Agama

Sosok Anton Medan di Mata Anak yang Tegas Ajarkan Ilmu Agama – Anton Medan adalah mubalig Indonesia. Ia menjadi Ketua Persatuan Islam Tionghoa Indonesia sejak 2012 hingga. Ia memeluk agama Islam sejak 1992. Ia mendirikan rumah ibadah yang diberi nama Masjid Jami’ Tan Hok Liang. Masjid itu terletak di areal Pondok Pesantren At-Ta’ibin, Pondok Rajeg, Cibinong.

Tokoh Tionghoa Muslim, Ramdhan Effendi atau yang dikenal dengan nama Anton Medan (63) dikenal sebagai sosok ayah yang tegas dalam menegakkan ilmu agama dalam keluarga. Putra keenam Anton Medan, Delly Viki Ramdani mengatakan, mendiang ayahnya telah membekali enam anaknya yang kini masih hidup dengan ilmu agama yang mumpuni.

“Sosok yang luar biasa. Ketegasan beliau, kasih sayang sama anak luar biasa. Ketegasan dalam mendidik, terutama untuk siap menghadapi apk idn poker asia dunia nyata,” kata Delly saat ditemui di rumah duka, Cibinong, Kabupaten Bogor.

1. Keluarga sepakat memakamkan mendiang Anton Medan besok

Menurut Delly, masih banyak saudara dan kerabat Anton dari luar kota yang akan datang untuk melihat sosok tokoh Tionghoa yang pernah berguru ke KH Zainudin MZ itu, untuk yang terakhir kalinya.

“Banyak saudara dari luar kota mau datang, melihat bapak untuk terakhir kali. Tapi yang pasti besok di makamkan tapi belum tahu jam berapa di makamkannya,” kata Delly.

2. Anton Medan sudah menyiapkan makamnya sendiri sejak awal tahun 2000

Sementara Wakil Ketua Umum Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), Arta Dharmadi menjelaskan Anton Medan telah menyiapkan makam untuk dirinya sendiri sejak lama, bahkan saat masjid ini di bangun sekitar awal tahun 2000.

“Memang sudah lama (makam) di siapkan. Beliau memang punya sakit gula. Sempat di rawat di RS EMC Sentul, tapi sebentar dan sudah lama. Tapi beliau meninggal di sini (rumah). Belum tahu jam berapa di makamkan. Karena banyak yang mau datang lagi,” kata dia.

3. Almarhum akan di makamkan di sebelah Masjid Jami Tan Kok Liong

Di beritakan sebelumnya, Anton Medan meninggal dunia pada Senin (15/3/2021) sekitar pukul 15.00 WIB, di kediamannya di Kp Bulak Rata, RT 02/08, Kelurahan Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Saat ini jenazah Anton Medan masih di semayamkan di rumah duka. Rencananya, almarhum akan di makamkan di sebelah Masjid Jami Tan Kok Liong, kawasan pesantren At Taibin. Masjid berarsitektur Tionghoa itu di dirikan oleh Anton Medan.

Comments are closed.