Hewan Sakral yang Diagungkan Kelompok Tertentu & Bagaikan Dewa

Hewan Sakral yang Diagungkan Kelompok Tertentu & Bagaikan Dewa

Hewan Sakral yang Diagungkan Kelompok Tertentu & Bagaikan Dewa

Hewan Sakral yang Diagungkan Kelompok Tertentu & Bagaikan Dewa – Binatang suci atau Hewan suci adalah jenis binatang tertentu yang dianggap suci, sakral, atau keramat oleh agama, suku, bangsa budaya tertentu. Binatang tersebut di tempat itu mendapat perlakuan khusus yang tidak dapat ditemukan ditempat lainnya.

Selama ratusan hingga bahkan ribuan tahun, hewan memegang peran yang besar dalam kehidupan manusia. Namun bagi kelompok tertentu, mereka bukanlah sekadar peliharaan dan ternak. Hewan juga sering dianggap sakral dan diagungkan.

Praktik ini disebut juga sebagai zoolatry. Mereka yang menganutnya biasa memandang hewan tertentu sebagai jelmaan, kaki tangan, atau simbol dari dewa. Namun ada berbagai alasan kenapa kelompok masyarakat mengagungkan idn poker99 asia hewan tersebut.

1. Ular

1 79997a5d9e55585bbf0f5869e784e37f - Hewan Sakral yang Diagungkan Kelompok Tertentu & Bagaikan Dewa

Di Karnataka, India, masyarakat mengagungkan ular. Ini karena mereka percaya bahwa hewan tersebut merupakan teman dan jelmaan dari dewa. Apalagi, Dewa Siwa dikenal memiliki ular yang selalu berada di sekeliling lehernya.

Di antara semua jenisnya, kobra adalah ular yang paling diagungkan oleh masyarakat setempat. Bahkan mereka memiliki sebuah perayaan bernama Nag Panchami. Ini merupakan momen di mana masyarakat mempersembahkan doa, susu, dan berbagai hal lain untuk ular.

Sebenarnya tak hanya di India. Ular juga merupakan hewan yang diagungkan oleh masyarakat Mesir Kuno, suku Indian, dan berbagai kelompok lainnya.

2. Kuda

2 ecd97bb64bc2b69b5b34d09e4388aad4 - Hewan Sakral yang Diagungkan Kelompok Tertentu & Bagaikan Dewa

Kuda ternyata diagungkan oleh banyak kelompok masyarakat di masa lalu. Salah satunya adalah di masa Yunani Kuno. Masyarakat setempat percaya bahwa dulunya Poseidon, sang dewa air sering menampakkan dirinya dalam wujud kuda.

Berikutnya, di kalangan masyarakat India, terdapat kepercayaan terhadap dewa berkepala kuda yang bernama Hayagriva. Ia adalah simbol dari ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan. Hewan yang sering di manfaatkan sebagai transportasi ini juga di anggap sakral oleh sejumlah masyarakat di Eropa, Balkan, Turki, dan lain sebagainya.

3. Kambing

3 40a048ae67eb963dd7dab4adea3fbafa - Hewan Sakral yang Diagungkan Kelompok Tertentu & Bagaikan Dewa

Hewan berikutnya yang di agungkan adalah kambing. Di kalangan masyarakat Siria di masa lalu, hewan ini selalu di hiasi dengan kalung perak dan di biarkan berkeliaran di kota saat raja setempat menikah. Mereka percaya bahwa kambing akan membawa roh-roh jahat bersamanya sehingga masyarakat tidak akan terganggu.

Selain di Siria, kambing juga di agungkan di Tiongkok karena mereka adalah salah satu hewan yang ada di zodiak. Begitu pula di Yunani Kuno, Silenus, Satyr, dan bahkan dewa bernama Pan memiliki wujud kambing sehingga masyarakat tidak mau membunuhnya.

4. Sapi

4 69476c4a2edab6833c7df5dd6098bde2 - Hewan Sakral yang Diagungkan Kelompok Tertentu & Bagaikan Dewa

Kamu tentu tahu bahwa mayoritas pemeluk agama Hindu tidak mengonsumsi daging sapi, kan? Ini karena hewan tersebut di anggap sebagai hewan yang suci dan sakral dalam kitabnya.

Ada beberapa alasan dari hal ini. Pertama, ajaran agama Hindu mengatakan bahwa sapi termasuk ke dalam salah satu dari tujuh “ibu” yang harus di hormati. Kedua, hewan tersebut juga merupakan kendaraan dari Dewa Siwa, salah satu dewa utama di ajaran Hindu. Selain itu, masih banyak alasan lain kenapa sapi di anggap suci.

Itulah kenapa hewan ini di biarkan berkeliaran secara bebas di India. Pemeluk agama Hindu juga di larang untuk membunuhnya dan akan di anggap sebagai orang yang berdosa.

5. Kucing

5 764653dd8452183f232e9bfc73bfb2aa - Hewan Sakral yang Diagungkan Kelompok Tertentu & Bagaikan Dewa

Hewan yang kini menjadi peliharaan ini dulunya begitu di agungkan oleh masyarakat Mesir Kuno. Dilansir Science ABC, terdapat dua alasan utama kenapa mereka melakukannya. Pertama, kucing di anggap sebagai pelindung karena selalu mengusir tikus yang ingin mencuri hasil panen.

Kedua, masyarakat Mesir Kuno percaya bahwa kucing adalah perwujudan dari dewa-dewa. Oleh karena itu, siapa pun yang membunuh hewan ini dengan sengaja akan mendapatkan hukuman mati. Kucing rumahan juga akan di jadikan mumi dan di sandingkan dengan majikannya setelah mati.

6. Beruang

6 3456aee08145dad756b149b81d0d78e4 - Hewan Sakral yang Diagungkan Kelompok Tertentu & Bagaikan Dewa

Masyarakat Nivkh yang tinggal di bagian timur Rusia percaya bahwa beruang merupakan hewan yang sakral. Di lansir List Verse, ini karena hewan buas tersebut di anggap sebagai penjelmaan para dewa dan nenek moyang. Namun cara mereka mengagungkan beruang cukup berbeda dari masyarakat lainnya.

Pertama, mereka menangkap beruang kecil untuk di pelihara dan di rawat seperti anaknya sendiri. Setelah beberapa tahun, mereka akan menyelenggarakan Bear Festival. Para beruang di dandani dengan baju ritual dan di giring ke sungai yang beku.

Di sana, perwakilan masyarakat akan menembaknya dengan anak panah hingga sekarat. Setelah itu, beruang akan di bunuh dan di makan selama berminggu-minggu. Melalui ritual ini, masyarakat Nivkh percaya bahwa roh hewan tersebut akan kembali ke dewa dan memberikan berkah kepada mereka.

7. Gajah

7 c5e2a0d06ba817a7bfec7134ee5513e2 - Hewan Sakral yang Diagungkan Kelompok Tertentu & Bagaikan Dewa

Jika membicarakan gajah, negara apakah yang terlintas di pikiranmu? Tentu Thailand, kan? Benar, negara tetangga ini sangat menghormati gajah dan bahkan menjadikannya sebagai simbol nasionalitas.

Terdapat sejarah panjang mengenai hal ini. Di lansir The Culture Trip, dulunya gajah, khususnya gajah putih adalah simbol kerajaan Thailand. Mereka tidak boleh di manfaatkan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan berat karena di anggap sakral.

Namun setelah itu, Thailand menghadapi beberapa perang melawan Burma dan Khmer. Gajah pun di manfaatkan sebagai transportasi untuk perang. Masyarakat akhirnya merasa bahwa hewan ini begitu berjasa untuk negara.

Itulah sejumlah hewan yang di agungkan dan di anggap sebagai dewa oleh kelompok masyarakat tertentu. Selain itu, anjing, babi, monyet, harimau, dan serigala juga di pandang suci di berbagai belahan dunia.

Comments are closed.