Destinasi Wisata Terbaik di Kalimantan

Destinasi Wisata Terbaik di Kalimantan

Destinasi Wisata Terbaik di Kalimantan, Surganya Pecinta Alam

Destinasi Wisata Terbaik di Kalimantan – Destinasi Wisata Terbaik di Kalimantan Surganya Pecinta Alam – Indonesia memiliki ribuan destinasi wisata yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Seperti Bali dan Lombok kerap menjadi pilihan utama para wisatawan, karena keindahan alam dan warisan budayanya masih kental.

Indonesia memiliki ribuan Agen IDN Poker Indonesia destinasi wisata yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Destinasi seperti Bali dan Lombok kerap menjadi pilihan utama para wisatawan, karena keindahan alam dan warisan budayanya masih kental.

Dibanding Bali dan Lombok, Pulau Kalimantan tak kalah indah. Sebagai pulau terbesar kedua di Indonesia, Kalimantan memiliki banyak destinasi wisata yang menawan. Berikut di antaranya:

Danau Sentarum

Sebagian besar kawasan Danau Sentarum terdiri dari hutan hujan dengan tingkat rendah dan lahan rawa gambut besar. Tempat ini cocok untuk melihat beberapa jenis flora dan fauna dengan pemandangan yang tidak biasa. Lokasinya berada di Kalimantan Barat dengan luas 132.000 hektare.

Ketika musim hujan, tempat ini akan terlihat seperti hutan yang sedang terendam air. Beda lagi ketika musim kemarau, yang akan kamu lihat hanyalah padang dengan hutan, air pun hanya sedikit. Unik banget!

Pulau Kakaban

Masih satu kesatuan dengan Pulau Derawan, Pulau Kakaban memiliki luas 774,2 hektare. Hal yang paling terkenal dari pulau ini adalah adanya danau indah di tengah pulau, Danau Kakaban namanya.

Danau Kakaban menjadi tempat tinggal ubur-ubur cantik dan tidak beracun, sehingga kamu bisa menyelam sembari menikmati keindahan pulau ini. Ubur-ubur tersebut terdiri dari dua jenis, yakni emas dan bulan. Keren banget!

Danau Labuan Cermin

Destinasi wisata satu ini dikelola oleh masyarakat sekitar dengan bantuan dari Lembaga Masyarakat Daerah. Destinasi wisata air ini berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Butuh usaha lebih untuk mencapainya, karena kamu harus menyewa kapal dari dermaga. Tapi tenang, sesampainya di Danau Labuan Cermin, semua rasa lelahmu langsung terbayar lunas.

Danau ini memiliki air yang sangat jernih, bahkan kamu bisa melihat secara langsung dasarnya. Di bagian permukaan, air danau terasa asin dan tawar di bagian dasarnya. Makanya sering juga disebut sebagai danau dua rasa. Jangan lupa snorkeling ya!

Pantai Melawai

Meski air pantainya cenderung kotor, tapi pemandangan sunset di Pantai Melawai dikenal sangat indah. Lokasinya berada di dekat pusat Kota Balikpapan dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Sungai Mahakam

Jika ingin melihat lumba-lumba air tawar atau ikan pesut, Sungai Mahakam jadi tempat yang harus kamu datangi. Mahakam merupakan sungai terpanjang di Kalimantan Timur dan menjadi tulang punggung utama masyarakat sekitar.

Panjangnya sekitar 920 kilometer, sungai ini mengalir dari Kabupaten Kutai Barat pada bagian hulu, hingga Kabupaten Kutai Timur dan Kota Samarinda pada hilir. Kamu bisa mengarungi sungai untuk melihat berbagai jenis ikan besar.

Pulau Derawan

Berada di Kalimantan Timur, pulau ini memiliki beberapa objek wisata yang menakjubkan. Terdapat batu sepanjang 18 meter berjarak 10 meter di bawah permukaan laut, yakni Blue Tigger Wall, salah satu yang terbaik untuk menyelam.

Tak hanya itu, berenang bersama ubur-ubur juga menjadi daya tarik lain utamanya. Snorkeling atau diving pun akan membuat liburanmu jadi lebih berkesan.

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional ini menjadi salah satu taman nasional terbaik dan rumah bagi orangutan. Mereka tampak sering bergelantungan dari pohon ke pohon.  Luasnya sekitar 415.040 hektare. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru di sini.

Terdapat Sungai Sekonyer yang bisa dikelilingi dengan transportasi semacam kapal, klotok namanya. Selama perjalanan, kamu bisa mengamati orangutan yang sedang asyik bergelantungan.

Ada pula macan tutul, kancil, dan satwa-satwa menggemaskan lainnya. Menjelang sore, pemandangan Sungai Sekonyer semakin indah karena pantulan sunset.

Bukit Kelam

Terletak di antara dua sungai besar, Sungai Melawi dan Sungai Kapuas. Bukit yang berada di Kalimantan Barat ini sebenarnya adalah sebuah batu.

Untuk bisa sampai ke sini, kamu bisa menggunakan jalur darat dengan jarak 400 kilometer dari Kota Pontianak dan jalur udara dengan rute Pontianak ke Sintang. Kamu pun bisa mendaki Bukit Kelam ini.

Terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan jika ingin mendaki, yakni melalui tangga yang sudah disediakan atau benar-benar mendaki secara mandiri. Pemandangan sunrise-nya yang begitu indah akan membayar rasa lelahmu selama mendaki.

Pasar Terapung Muara Kuin

Rasanya belum afdal kalau liburan ke Kalimantan tanpa berkunjung ke pasar tradisional khas Kalimantan, Pasar Terapung Muara Kuin. Lokasinya di Sungai Barito di muara Sungai Kuin, Banjarmasin.

Pasar ini beroperasi setiap harinya mulai pukul 09.00. Kamu bisa berbelanja dengan menggunakan perahu kayu motor. Tak hanya hasil bumi yang bisa kamu beli di Pasar Terapung Muara Kuin, banyak pula suvenir dan kuliner khas Banjarmasin.

Bukit Rimpi

Bukit Rimpi berada di Desa Tampang, Kota Pelaihari, Kalimantan Selatan, ini kerap disebut juga sebagai Bukit Teletubies, karena bentuk bukitnya yang menjulang. Kamu akan terkesima dengan hamparan padang rumput yang luas dan memesona.

Bukit ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk menikmati keindahan sunrise. Tiket masuknya murah meriah, kendaraan roda empat hanya dikenai Rp10 ribu dan Rp5.000 untuk motor.

Itulah beberapa destinasi wisata unggulan di Kalimantan yang bisa jadi rekomendasi liburan serumu. Kamu pengin mengunjungi yang mana dulu, nih?

Comments are closed.