Destinasi di Asia Tenggara Ini Bernuansa Mistis Lho

Destinasi di Asia Tenggara Ini Bernuansa Mistis Lho

Destinasi di Asia Tenggara Ini Bernuansa Mistis Lho

Destinasi di Asia Tenggara Ini Bernuansa Mistis Lho – Menurut asal kata, mistik berasal dari bahasa Yunani yaitu mystikos yang artinya rahasia (geheim), serba rahasia (geheimzinnig), tersembunyi (verborgen), gelap (donker) atau terselubung dalam kekelaman (in het duister gehuld).

Berdasarkan arti tersebut, mistik sebagai sebuah paham yaitu paham mistik atau mistisisme  merupakan paham yang memberikan ajaran yang serba mistis (misal ajarannya berbentuk rahasia atau ajarannya serba rahasia, tersembunyi, gelap atau terselubung dalam kekelaman) sehingga hanya dikenal, diketahui atau dipahami oleh orang-orang tertentu saja.

Asia Tenggara di  kenal sebagai kawasan negara yang para penduduknya daftar idn poker asia masih mempunyai kepercayaan kuat terhadap hal-hal mistis. Contohnya saja di Indonesia, kepercayaan terhadap makhluk-makhluk gaib sangat kuat sampai sekarang. Jadi, selain Indonesia negara maju seperti Singapura pun masih ada lho lokasi yang mempunyai cerita mistis di dalamnya. Lalu, lokasi apa saja di asia tenggara yang di kenal memiliki suasana mistisnya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Museum Penjara Hoa Lo – Vietnam

Nah, kalau kamu berencana liburan ke Vietnam, wajib banget nih berkunjung ke Hanoi, ibukota Vietnam. Terdapat destinasi yang wajib kamu kunjungi disana yaitu Hoa Lo Prison atau Penjara Hoa Lo yang sekarang telah dijadikan museum. Jadi, pada tahun 1896 penjara ini dibangun oleh penjajah dari Prancis untuk mengurung dan menyiksa penduduk Vietnam yang saat itu merupakan tahanan perang.

Selain disebut Hoa Lo Prison pada masa penjajahan Prancis, tempat ini sering di sebut juga sebagai Hanoi Hilton karena saat itu Prancis telah mundur sehingga penjara ini di ambil alih oleh Vietnam dan tentara AS yang berhasil di tawan saat perang vietnam juga disiksa habis-habisan. Jadi, museum ini semakin terasa suasana seram ketika banyak pating-patung yang dibuat untuk merepresentasikan bagaimana kekejaman yang terjadi di tempat ini mulai dari hukuman pasung sampai hukuman penggal kepala di tambah lagi dengan suasana di museum ini yang di buat remang-remang yang pastinya bakalan membuat suasana semakin horor sekaligus menyayat hati bagi setiap orang yang melihatnya.

2. Lawang Sewu – Indonesia

Pada Lawang Sewu di kenal sebagai gedung bersejarah di kota Semarang yang sudah terkenal dengan keangkerannya oleh masyarakat Indonesia. Lawang sewu yang berarti 1000 pintu merupakan gedung/bangunan yang di tinggalkan oleh penjajah Belanda yang di bangun pada tahun 1904. Di sebut 1000 pintu karena gedung ini memiliki banyak pintu yang sebenarnya merupakan jendela besar seperti pintu dan menurut beberapa sumber, jumlah pintu di lawang sewu tersebut gak sampai 1000 pintu hanya ratusan pintu saja.

Jadi, gedung ini dulunya merupakan kantor untuk perusahaan kereta api milik Belanda, gak hanya itu saja gedung ini juga berfungsi untuk mengurung para pejuang Indonesia untuk di jadikan tawanan dan di siksa secara tidak manusiawi mulai dari penjara jongkok sampai ruangan penyiksaan Jadi, gak heran banyak korban di Lawang sewu yang menjadikan gedung ini kental dengan aura mistisnya. Hal ini terbukti dari antusias dari orang-orang untuk melakukan uji nyali di Lawang sewu yang konon katanya sangat berhantu.

3. Rumah Sakit Tua Changi – Singapura

Rumah Sakit Tua atau di sebut Old Changi Hospital ini berada di Halton Road di Singapura. Di bangun pada 1930 yang saat itu Old Changi Hospital awalnya merupakan barak militer untuk pasukan Inggris karena lokasinya di atas bukit yang strategis dan fungsinya jadi berubah menjadi rumah sakit militer pada masa penjajahan Jepang untuk mengobati para pasukan Jepang yang terluka akibat dari perang.

Pada saat perang dunia ke II banyak warga setempat yang jadi korban pembantaian oleh penjajah Jepang di rumah sakit ini yakni di siksa sampai di penggal kepalanya. Jadi, bisa di ketahui kenapa Old Changi Hospital yang sudah di tutup sejak tahun 1997 ini di kenal sebagai salah satu tempat yang paling berhantu di Singapura mulai dari cerita penampakan hantu tanpa kepala, suara jeritan pada malam hari dan lainnya yang membuat merinding. Karena kepopuleran dari cerita mistis di rumah sakit ini, Old Changi Hospital sering di jadikan lokasi uji nyali bahkan sampai di buat film dokumenter fiktif lho mengenai keangkeran tempat ini dengan judul film: Haunted Changi.

4. Kuil Mae Nak – Thailand

Pernah nonton film Pee Mak? film yang di bintangi Mario Maurer ini merupakan adaptasi dari legenda horor Mae Nak lho meski film ini di kemas dengan humor yang bikin ngakak terus. Jadi, cerita mae nak ini sangat di yakini masyarakat di sana, terletak di Prakanong, Bangkok (Thailand). Kisahnya merupakan kisah cinta 2 dunia yang tidak dapat bersatu, horor sekaligus menyedihkan. Ceritanya bermula dari seorang wanita yang bernama Nak yang merupakan seorang istri yang sedang hamil  dari prajurit perang bernama Mak yang terpaksa meninggalkan istrinya karena menjalankan kewajibannya sebagai prajurit.

Tapi sayang, Nak maupun anaknya sama-sama meninggal dunia dalam proses persalinan sehingga arwah mereka tidak tenang. Dan Nak tetap setiap menunggu suaminya pulang meski sudah menjadi hantu. Akhirnya suaminya pulang dan hidup seperti biasa tanpa mengetahui wujud asli dari Nak. Dan anaknya hingga suatu ketika ia sadar setelah di beritahu oleh warga berkali-kali. Nak pun meneror dan marah besar dengan para warga karena menghancurkan kebahagiaannya. Kemudian seorang dukun berhasil menaklukkan Nak hingga sejak saat itulah di bangun kuil untuk Nak agar ia bisa tenang. Tapi, sekarang sih kuil ini udah menjadi destinasi wisata religi kok dan gak seram-seram amat, hanya saja cerita mistis tentang Nak tetap menyelimuti kuil ini.

5. Bukit Hantu – Malaysia

Bukit Hantu atau Ghost Hill ini terletak di Penang, Malaysia. Agak mirip dengan kisah Old Changi Hospital, bukit ini dulunya merupakan benteng yang di bangun pada tahun 1930. Oleh pasukan Inggris dan kemudian di ambil alih oleh para penjajah Jepang. Sekaligus tempat menyiksa para tawanan perang secara sadis bahkan ada yang sampai di penggal kepalanya. Sekarang bukit ini telah menjadi museum yang lebih di kenal dengan nama Penang War Museum. Untuk mengenang para pejuang yang mati demi membela negara.

Nah, konon katanya banyak penampakan berbagai hantu yang sering terlihat di bukit ini. Terutama si hantu algojo yang berpakaian serdadu ala Jepang yang sering menyiksa dan memenggal kepala para tahanan saat itu. Keseraman dari bukit ini juga sudah di akui lho oleh National Geographic. Sebagai salah satu dari sepuluh tempat yang paling berhantu di Asia.

Comments are closed.