Beginilah Penampakan Kuburan-Kuburan Khas Toraja yang Sakral

Beginilah Penampakan Kuburan-Kuburan Khas Toraja yang Sakral

Beginilah Penampakan Kuburan-Kuburan Khas Toraja yang Sakral

Beginilah Penampakan Kuburan-Kuburan Khas Toraja yang Sakral – Suku Toraja adalah suku yang menetap di pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan, Indonesia. Populasinya diperkirakan sekitar 1 juta jiwa, dengan sekitar 500.000 di antaranya masih tinggal di Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Toraja Utara, dan Kabupaten Mamasa.

Toraja memiliki beberapa bentuk pemakaman yang terbilang unik dan tak biasa, sakral, dan anehnya menjadi objek wisata yang menarik perhatian dan mengundang decak kagum wisatawan.

Bagaimana sih penampakannya? Inilah Beberapa idn poker ovo jenis kuburan orang Toraja dengan bentuk yang unik tapi sakral bagi masyarakat setempat.

1. Kuburan bentuk rumah yang disebut ‘patane’

patane toraja 750ea099af5881d238a180b92689cd2f - Beginilah Penampakan Kuburan-Kuburan Khas Toraja yang Sakral

Patane merupakan tempat pemakaman paling modern jika dibandingkan dengan jenis kuburan lainnya di Toraja. Bentuknya seperti rumah berukuran mini dengan berbagai macam desain,mulai dari yang bentuknya tradisional, minimalis, hingga model rumah pada umumnya.

Menariknya, satu patane dapat memuat banyak peti dari beberapa jasad yang masih terikat hubungan keluarga. Hal ini dikarenakan bagian dalam patane terdapat ruang bawah tanah yang memang dirancang untuk dapat menampung banyak peti.

2. Kuburan dalam goa

images 2 95efd68cd4840a37057bd6e4cc69e92e - Beginilah Penampakan Kuburan-Kuburan Khas Toraja yang Sakral

Pemakaman dalam goa ala orang Toraja tentu tak asing lagi di telinga. Yang paling terkenal adalah objek wisata Londa dan Ke’te Kesu. Goa tersebut berada disisi tebing dan didalamnya terdapat ratusan peti mati dan berbagai jasad yang dibalut kain.

Didalam goa juga terdapat ratusan tengkorak dan tulang-belulang manusia yang berserakan, menandakan bahwa kuburan goa ini telah lama digunakan dan sebagian besar jasad yang dikuburkan ditempat ini sudah berusia ratusan tahun.

3. Kuburan liang batu

makam tana toraja 49a215cdc6912f4f727f045556d8c90a - Beginilah Penampakan Kuburan-Kuburan Khas Toraja yang Sakral

Ini merupakan tempat pemakaman yang umum digunakan oleh orang Toraja, dimana batu-batu berukuran besar dilubangi sedemikian rupa hingga membentuk sebuah ruangan. Ruangan dalam batu inilah yang nantinya digunakan untuk meletakkan peti-peti dari satu rumpun keluarga.

Lubang liang diberi pintu yang biasanya dikunci, namun ada juga yang tidak ditutupi sehingga peti, tengkorak bahkan tulang-belulang dapat terlihat jelas apabila liang batu ini berada disisi jalan. Dipintu bagian luar biasanya juga dipasangi foto, karangan bunga, sesajen, hingga barang kepunyaan jasad yang dikuburkan didalamnya.

4. Kuburan di sisi tebing

dscf1092 5b23d9f5346ba269c0c1e8fdf56b2609 - Beginilah Penampakan Kuburan-Kuburan Khas Toraja yang Sakral

Sesuai namanya, kuburan jenis ini benar-benar terletak disisi tebing namun terdapat dua macam cara pemakaman yang sedikit berbeda. Yang pertama adalah membuat lubang pada tebing seperti kuburan liang batu namun ukurannya lebih panjang dan dalamnya lebih lebar. Di bagian depan lubang akan ditempatkan jejeran tau-tau atau patung replika dari jasad yang dimakamkan dalam tempat itu.

Kuburan disisi tebing yang kedua adalah menggantungkan peti mati disisi tebing dengan ditopang oleh kayu di kedua pinggiran peti. Peti yang digunakan pun terbilang unik karena menyerupai perahu dengan tonjolan kepala kerbau atau babi di salah satu ujungnya. Kuburan ini lebih dikenal dengan sebutan kuburan gantung.

5. Kuburan bayi dalam pohon yang disebut passiliran

images 70c195050aed1107d4cc0d72b33f1813 - Beginilah Penampakan Kuburan-Kuburan Khas Toraja yang Sakral

Mungkin inilah jenis pemakaman orang Toraja yang paling unik sebab diperuntukkan bagi jasad bayi berusia 6 bulan kebawah, belum tumbuh gigi dan masih menyusui. Caranya, pohon tersebut dilubangi menurut ukuran bayi lalu jasadnya dimasukkan dalam keadaan tidak terbungkus. Lubang tersebut kemudian ditutup menggunakan ijuk pohon enau.

Menurut kepercayaan Aluk Todolo yang melakukan praktek ini, menguburkan bayi kedalam pohon berarti mengembalikan bayi ke rahim ibunya. Pohon tarra sendiri dipilih karena memiliki banyak getah yang dianggap sebagai pengganti air susu ibu(ASI), dan menguburkan bayi dalam pohon ini berarti juga mengembalikan bayi kerahim ibunya.

Itulah 5 jenis kuburan ala orang Toraja. Tak cuma unik dan sakral, tapi juga menjadi objek wisata.

Comments are closed.