5 Film Terbaik Tentang Melawan Pelecehan Seksual

5 Film Terbaik Tentang Melawan Pelecehan Seksual

5 Film Terbaik Tentang Melawan Pelecehan Seksual

5 Film Terbaik Tentang Melawan Pelecehan Seksual – Fenomena pelecehan seksual adalah hal yang sebenarnya sudah terjadi sejak lama. Tak jarang pelakunya sering di tutup-tutupin.

Apalagi jika pelakunya adalah orang yang cukup powerful dan menyangkut nama baik sebuah institusi.

Dilansir https://e-box-web.com berikut beberapa film yang bisa membuat kita sadar bahwa pelecehan seksual ternyata sangat umum terjadi serta bisa menimpa dan dilakukan oleh siapa saja.

1. Bombshell (2019) 

Bombshell adalah film yang terinspirasi dari kisah nyata beberapa karyawan media Fox yang berhasil membawa sang kepala redaksi ke pengadilan atas kasus pelecehan seksual pada sejumlah karyawan.

Dipercaya akan sukses karena dirilis di saat yang tepat saat momen #MeToo sedang gempar, ternyata film ini masih kurang bisa memenuhi ekspektasi penonton, kritikus, serta analis dari kalangan aktivis. Walau begitu, Bombshell tetap harus diapresiasi untuk usahanya mengangkat sebuah kisah penting.

2. Unbelievable (2019) 

Film ini bercerita sebuah kasus perkosaan berantai menimpa beberapa wanita di beberapa negara bagian di Amerika Serikat. Serial ini tak hanya fokus pada investigasi brilian yang dilakukan tim detektif, tetapi juga menggarisbawahi kecenderungan masyarakat untuk melakukan victim blaming. 

Menariknya lagi, kisah ini menjadi bukti bahwa perempuan pun berdaya dan tak selalu identik dengan persaingan. Terbukti dua detektif yang menjadi pahlawan di kisah ini adalah perempuan, mereka pun dibantu oleh keberanian para korbannya untuk melapor dan memberikan keterangan sedetil mungkin.

3. Working Woman (2018) 

Film tentang pelecehan seksual berikutnya berlakonkan seorang ibu dengan tiga anak. Suaminya sedang berjuang membangun bisnis restoran, yang membuatnya harus turut bekerja membantu perekonomian keluarga. Orna pun bekerja di sebuah perusahaan pengembang perumahan.

Direktur perusahaan itu adalah mantan petinggi militer yang ternyata punya kecenderungan melakukan tindak pelecehan. Film ini fokus pada perjuangan Orna menyeimbangkan perlawanannya terhadap ancaman pelecehan seksual dengan kebutuhannya untuk mempertahankan pekerjaannya demi keluarga.

4. The Assistant (2020) 

The Assistant adalah film baru yang menuai banyak pujian karena akurasinya yang mengerikan. Meski tak terinspirasi dari karakter nyata, kejadian di film ini sangat relatable dengan fenomena sehari-hari di tempat kerja.

Julia Garner memerankan sosok Jane, karyawan kantor biasa yang rutinitasnya tampak monoton. Semua tampak biasa saja, hingga dalam satu kesempatan rekan-rekan kerjanya mulai membicarakan sosok bos yang tidak mereka sebutkan namanya dengan nada rendah dan tak enak. Saat ia menelepon Jane, saat itulah konflik mulai terbentuk.

5. North Country (2005) 

Sebelum Bombshell, Charlize Theron pernah membintangi sebuah film yang berdasarkan sebuah kisah nyata tentang seorang pekerja tambang perempuan di tahun 1989. Tak hanya perlakuan seksis, ia dan beberapa sesama pegawai perempuan juga harus menghadapi pelecehan seksual yang dilakukan pegawai laki-laki.

Saat berusaha melaporkannya pada atasan, ia tak mendapat jawaban yang memuaskan apalagi keadilan. Bahkan sang pemilik tambang memintanya mengundurkan diri. Ia akhirnya membawa masalah ini ke pengadilan. Di film kasus ini akhirnya menemukan titik terang setelah beberapa tahun, tetapi di kehidupan nyata mereka harus berjuang hingga belasan tahun.

Comments are closed.